Tips Membuat ALCOHOL-BASED HAND SANITIZER yang Mudah dan Praktis Untuk Menangkal Virus Corona

Virus Corona (Covid-19) telah menyebabkan kepanikan di berbagai negara dan membuat bebergai macam  produk kesehatan habis terjual. Selain Masker, Hand Sanitizer pun menjadi kian langka di pasaran. Namun, sekarang kita semua tidak perlu khawatir, karena tips berikut bisa menjadi cara praktis bagi kita dalam membuat ALCOHOL-BASED HAND SANITIZER yang bisa kita lakukan di rumah.

Disinfeksi tangan memainkan peran yang amat penting dalam perlindungan virus corona yang sedang mewabah. Gerakan cuci tangan pun kerap dianjurkan oleh banyak pihak. Tetapi ada kalanya kita tidak dapat mengikuti anjuran tersebut dikarenakan berbagai masalah seperti efektifitas waktu, tidak tersedianya alat cuci tangan dan sebab lainnya. Disinilah peran Hand-Sanitizer menjadi sangat penting. Dikutip dari Departemen Ilmu Farmasi Universitas Hongkong dan telah sesuai dengan standard kesehatan dan keamanan WHO, berikut adalah cara membuat Hand-Sanitizer yang mudah dan praktis.

Bahan baku yang diperlukan dalam proses pembuatan Hand Sanitizer ini sangat mudah ditemukan di berbagai apotek terdekat di kota anda, antara lain Ethanol, larutan Hidrogen Peroksida dan Gliserin. Kegunaan dari cairan Gliserin sendiri adalah untuk memperpanjang efek dari Hand Sanitizer dan meningkatkan efektifitas zat disinfektan tersebut. Sedangkan untuk peralatannya dapat menggunakan peralatan yang sudah tidak terpakai seperti sendok dan botol penyimpanan air. Yuk kita simak cara pembuatannya dan ikut berkontribusi dalam gerakan bersama untuk melawan virus corona!

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan Hand Sanitizer:

  1. Ethanol 96%, 80ml(dapat digantikan oleh Alkohol 75%)
  2. Gliserin 1.45ml
  3. Hidrogen Peroksida 3%, 4ml
  4. Siapkan 100ml air distilasi atau air matang yang telah didinginkan 

Peralatan yang dibutuhkan:

  1. Suntikan Plastik ataupun sendok plastic
  2. Gelas Ukur(untuk menakar porsi dan sebagai wadah campuran bahan)
  3. Adukan
  4. Wadah/botol bersih

Cara pembuatan:

  1. Tuangkan Ethanol kedalam wadah yang telah disediakan terlebih dahulu,
  2. Lalu masukan gliserin, hidrogen peroksida, dan sedikit air distilasi /air matang(jika menggunakan alcohol 75% ; tidak perlu tambahkan air dan sesuaikan kadar gliserin dan Hidrogen peroksida)
  3. Aduk dan campur bahan-bahan tersebut dengan adukan sampai gliserin benar-benar menyatu dengan bahan lain, dan kemudian tuang ke wadah penyimpanan bersih yang telah tersedia. Diamkan selama 72 jam terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membunuh bakteri.

Cairan Hand-Sanitizer lebih banyak dipilih karena dianggap lebih praktis jika dibandingkan dengan tisu basah, karena tisu basah merupakan barang sekali pakai yang terbuat dari material non-woven yang sulit terurai. Jadi dari segi ramah lingkungan pun, Hand Sanitizer memiliki keunggulan dibandingkan tisu basah. Dengan cara ini kita tidak hanya membantu melawan pandemi virus corona tetapi juga turut menjaga kelestarian lingkungan dan juga bumi kita.

  Sadar bahwa kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) di Indonesia semakin tinggi, maka dari itu PT. Shan Hai Map turut menjadi supplier APD yang dibutuhkan oleh anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai APD tersebut, silahkan menghubungi Roger (0877 8001 2784).

Sumber : greenpeace.org , WHO

Gambar di atas merupakan Sistem Order kami Uchannel  https://uchannel.yonyoucloud.com/

Pemilihan produk APD juga di seleksi oleh PT. Shan Hai Map, produk-produk dengan standarisasi yang baik dan bersertifikat asli dipilih sebagai partner kami untuk menyediakan APD yang layak bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah pabrik asal China yaitu Suzhou Dongshan Precision Manufacturing Co.,Ltd.

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment