Tahukah Anda Ada Lima Cara Merawat Pakaian Dalam Mencegah Terpapar Covid-19?

Wabah virus corona atau yang sering kita dengar dengan pandemi Covid-19 menjadi kekhawatiran bagi masyarakat dunia tidak terkecuali Indonesia. Karena penyebaran virus ini sangat cepat dan bisa tertular saat seseorang menyetuh permukaan benda yang mengandung virus ataupun melakukan kontak dengan carrier dan tidak sadar menyentuh bagian mata, hidung dan mulut. Sehingga bukan hanya pemerintah Indonesia membatasi kegiatan berkumpul dalam skala besar namun banyak orang juga yang sadar dan menjadi khawatir untuk pergi keluar rumah. Yang dipikirkan oleh kita saat ingin berpergian ke luar rumah adalah “Apakah nanti kita membawa pulang virus setelah kembali dari luar ke rumah?”

Studi juga menemukan bahwa virus SARS – CoV-2  bisa bertahan dan tetap menular ketika mengambang di udara selama tiga jam setelah batuk. Bahkan jika anda tidak menyentuh apa pun saat berada di luar pun, ada kemungkinan anda dapat berjalan melalui udara yang terkontaminasi dan virus dapat terperangkap dalam serat pakaian anda. Pakaian dan sepatu yang kita gunakan merupakan lapisan pelindung yang melindungi kita dari kontak langsung dengan dunia luar, yang juga berarti bahwa pakaian dan sepatu kita benar-benar terpapar debu, bakteri, dan bahkan virus dalam jumlah besar.

Berikut merupakan 5 tips penting untuk merawat pakaian dan sepatu anda untuk mencegah terkena COVID-19, yaitu :

  1. Tidak perlu mencuci jaket anda setiap hari, namun jaket WAJIB dijemur setiap hari

Merupakan hal yang merepotkan jika anda harus mencuci jaket setiap kali anda balik dari luar rumah. Sebenernya, selama jaket ditempatkan di balkon ataupun tempat-tempat lain untuk dijemur di bawah sinar matahari langsung selama kurang lebih dua jam, anda dapat mencegah virus, bakteri, dan debu agar tidak berada di dalam ruangan dan juga mencegah anak-anak di rumah untuk menyentuh jaket kotor anda.

  • Desinfektan pakaian dengan metode yang tepat dan merawat pakaian merupakan dua hal yang sangat penting

Jangan gunakan metode yang salah dalam mensterilkan pakaian. Tidak hanya efek pencegahan pandemi tidak efektif, tetapi kain pakaian anda juga dapat menjadi rusak! Meskipun anda dapat menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung, perlu dicatat bahwa jika anda mengunjungi tempat  berisiko tinggi seperti rumah sakit, klinik atau tempat yang sangat ramai, lebih aman untuk mensterilkan jaket dan pakaian anda!

 Disarankan juga bagi anda untuk mencuci pakaian dengan deterjen yang mengandung senyawa pemutih karena virus tidak dapat bertahan hidup dalam larutan yang mengandung senyawa pemutih tersebut. Sedangkan Jaket kulit dan jaket PVC yang memiliki permukaan  licin lebih mudah didesinfeksi. Cukup bersihkan permukaan jaket dengan kain lembab dan alkohol 75% atau anda juga dapat menggunakan cairan disinfektan alih-alih alkohol untuk disinfeksi.

Metode alternatif lainnya adalah menggunakan setrika untuk mendisinfeksi pakaian. Suhu panas dari setrika yang dapat mencapai 100 derajat celcius tersebut dapat mensterilisasi pakaian anda. Menyetrika pakaian menjadi metode sterilisasi yang lebih efektif jika jenis pakaian anda tidak bisa sering dicuci atau pakaian anda memiliki proses pembersihan yang rumit.

  • Pisahkan sepatu yang berasal dari luar dengan sepatu yang digunakan didalam ruangan

Faktanya anda tidak bisa mengabaikan bahwa terdapat banyak virus dari sepatu yang kita pakai setiap hari. Sepatu cenderung jauh lebih kotor daripada pakaian karena lebih mungkin membawa bakteri dan kontaminan lainnya ke dalam rumah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa SARS – CoV-2 dapat  bertahan di sepatu selama lima hari, sehingga  sangat disarankan untuk meletakkan sepatu dan dijemur diluar rumah terlebih dahulu saat anda pulang. Sebaiknya anda tidak menggunakan kabinet sepatu tertutup yang sama untuk sepatu yang berasal dari luar dengan sepatu yang digunakan didalam ruangan.

  • Cucilah pakaian Anda setiap hari

“Memperbanyak frekuensi mencuci” mungkin hal yang merepotkan bagi sebagian orang. Namun perlu di ingat bahwa virus dapat bertahan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Karena itu, anda harus mandi dan mengganti pakaian anda segera setelah kembali ke rumah, dan mencuci pakaian untuk memastikan bahwa virus tidak menempel.

Selain itu penggunaan suhu air saat mencuci pakaian juga sangat penting. Gunakanlah air hangat dengan suhu lebih dari 75 derajat Celcius selama lebih dari 30 menit. Anda bisa mencuci pakaian dengan mesin cuci ataupun dengan tangan. Namun, pastikan anda mencuci tangan setelah selesai mencuci pakaian-pakian kotor tersebut. Jika menggunakan pengering baju, suhu saat mengeringkan pakaian juga dapat disesuaikan hingga 80 derajat Celcius selama sekitar 20 menit untuk mencapai disinfeksi yang efektif.

  • Utamakan disinfeksi fisik dengan menggunakan bahan kimia

Disinfeksi fisik dengan cara mencuci dengan suhu tinggi dan menjemur pakian relatif aman dan tidak merusak kain pakaian. Jadi jika anda tidak mengunjungi berbagai tempat berisiko tinggi pada hari itu, disinfeksi fisik saja sudah cukup.

Namun, jika pakaian anda tidak cocok untuk pencucian suhu tinggi, atau anda mengunjungi berbagai tempat dengan risiko tinggi pada hari itu, disarankan bagi  anda untuk menggunakan disinfektan kimia untuk mensterilkan. Perlu dicatat bahwa desinfektan kimia bersifat lebih korosif terhadap pakaian dan dapat menyebabkan kerusakan tertentu pada bahan pakaian. Misalnya, disinfektan fenolik dapat menyebabkan pakaian serat sintetis menjadi kotor, dan pemutih yang mengandung klor juga dapat menyebabkan warna pakaian memudar.

Setelah membaca tips-tips di atas, perlu diingat bahwa menjga kebersihan pakaian dan sepatu sama pentingnya dengan mencuci tangan dan menggunakan masker saat keluar ruangan.  Bertujuan untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya, PT. Shan Hai Map menjadi supplier produk masker dan APD lainnya yang bersertifikat dan telah melalui uji tes kelayakan produk. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut, silahkan  menghubungi Roger (0877 8001 2784).

Gambar di atas merupakan Sistem Order kami Uchannel  https://uchannel.yonyoucloud.com/

Pemilihan produk APD juga di seleksi oleh PT. Shan Hai Map, produk-produk dengan standarisasi yang baik dan bersertifikat asli dipilih sebagai partner kami untuk menyediakan APD yang layak bagai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah pabrik asal China yaitu Biobase Scientific (Shandong) .Co.,Ltd.

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment