Langkah-Langkah Membuat Invoice Untuk Pemula di Bidang Bisnis

Invoice adalah lembaran yang berisi tagihan pembayaran atau biaya setelah terjadinya transaksi barang atau jasa. Keseluruhan tagihan yang akan isikan didalam invoice tersebut. Pada umumnya, perusahaan atau pabrik akan membuat invoice sebagai surat penagihan pembayaran terhadap customernya. Namun jika Anda masih baru dalam dunia bisnis, seharusnya pembuatan invoice ini merupakan hal yang sangat asing yang sebaiknya segera kamu pelajari, terdapat beberapa cara untuk membuat invoice yang bisa kamu gunakan. Selain itu, kamu bisa melihat bentuk bermacam-macam invoice melalui penjelasan di bawah ini.

Rincian Invoice

Invoice bisa digunakan untuk transaksi barang ataupun jasa, dari keduanya sangat bisa digunakan dengan bentuk seperti contoh dibawah ini. Komponen yang harus perlu Anda masukkan adalah judul invoice, nama customer dan alamat, daftar pembelian, tanggal pembelian, metode pembayaran yang harus dilakukan dan jangan lupa untuk memberikan nomor invoice agar mempermudah pencarian invoice.

  • Judul invoice
    Perusahaan Anda bisa menuliskan judul dibagian atas tengah dengan huruf kapital. Misalnya: INVOICE FUTURE STAR. Pada hal ini bertujuan agar mempermudah customer Anda ketika customer Anda sedang ingin melakukan pembayaran dan menyadari bahwa yang Anda kirimkan adalah invoice. Dengan begitu, customer Anda bisa mengutamakan pembayaran yang berisikan invoice tersebut.
  • Nama dan alamat customer
    Perusahaan yang mengeluarkan invoice pembayaran diikut sertakan nama dan alamat customer bertujuan surat pengirim harus dicantumkan, bertujuan agar customer Anda memahami bahwa invoice itu sebenarnya ditujukan kepada mereka
  • Daftar pembelian
    Daftar pembelian disini bisa dicantumkan secara rinci yang diisikan didalam invoice. Contohnya, invoice untuk bermacam-macam produk yang dicantumkan dengan nama produk/jasa, harga setiap unitnya, jumlahnya, dan total keseluruhan harga dan jumlah yang harus dibayarkan. Hal ini cukup penting untuk dokementasi akuntansi customer Anda. Jika invoice jasa layanan seperti proyek jasa pengerjaan perbaikan produk, maka harus tuliskan secara terperinci seperti nama jasanya, deskripsi pengerjaan dan tarif pengerjaan setiap jam/hari nya dengan penghitungan perjanjian diawalnya. Pastikan deskripsi mengenai barang/jasa tersebut agar tidak menimbulkan kebingungan dikemudian hari.
  • Tanggal pembelian
    Hal lainnya yang sebagai mana mestinya harus diikut sertakan dalam invoice yaitu tanggal. Beberapa jenis tanggal yang berisikan didalam invoice adalah tanggal invoice, tanggal pembelian produk/jasa, serta tanggal pembayaran maksimal. Untuk tanggal pembayaran maksimal, Anda bisa mendiskusikan dengan customer sehingga ada kesapakatan dan membahagiakan kedua belah pihak.
  • Metode pembayaran
    Dalam sebuah invoice Anda perlu memberikan metode pembayaran, antara pihak pembayaran dan pihak penerima pembayaran, yang terpenting bahwa setiap orang mendapatkan kepastian waktu untuk melakukan pembayaran yang akan dilakukan. Sebagian besar invoice memiliki jangka waktu 30 – 60 hari (tergantung kebijakan dari perusahaan tsb)
  • Nomor Invoice
    Tidak semua invoice menyertakan invoice. Namun, sebaiknya apabila dalam invoice yang Anda buat menyertakan nomor sehingga mempermudah pengarsipan invoice. Pada pembuatan nomor invoice menjadi semacam kode khusus dan beritahukan pelanggan perihal nomor invoice tersebut sehingga tidak membuat bingung customer Anda.

Bagaimana cara membuat invoice

Untuk Anda yang belum pernah sama sekali membuat invoice tidak perlu khawatir. Dikarenakan banyak cara untuk membuat invoice yaitu dengan menggunakan secara Manual ataupun dengan menggunakan Aplikasi.

Invoice secara manual

Hasil gambar untuk invoice manual

Pembuatan invoice secara manual bisa menggunakan berupa kertas atau perangkat lunak dikomputer seperti Microsoft Excel dan Microsoft Word. Keuntungan yang didapat apabila menggunakan invoice secara manual yaitu Anda dapat menyesuaikan estetika, templat dan proses penulisan keseluruhan. Namun tidak menutup kemungkinan ada mengalami kesalahan administratif pun juga sangat tinggi. Selain itu, jika Anda membuat invoice secara manual Anda akan mengalami banyak masalah pada saat pelacakan dokumen nantinya akan lebih rumit daripada menggunakan aplikasi.

Invoice menggunakan aplikasi

Hasil gambar untuk invoice aplikasi

Apabila menggunakan aplikasi dalam pembuatan invoice akan sangat mempermudah pembuatan invoice yang akan Anda kerjakan, jika perusahaan Anda perlu membuat invoice dengan jumlah yang sangat banyak. Maka lebih baik menggunakan Aplikasi dikarenakan dengan menggunakan aplikasi makan pembuatan invoice lebih cepat dan pelacakan data yang sangat mudah.

http://uchannel.id

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment