Beberapa Hal Yang Harus di Hindari Dalam Mengelolah Stock

Hasil gambar untuk manajemen gudang

Inti dari sebuah bisnis bukan dalam hal penjualan saja. Manajemen inventory adalah salah satu yang yang terpenting dari bisnis. Tapi sering kali perusahaan gagal dalam mengelolah inventory dengan benar.

Dalam mengelolah inventory yang salah, pasti kesalahan itu memakan biaya. Pengelolahan stok barang yang tidak efisien akan merugikan bisnis perusahaan Anda. Hal yang terpenting untuk mengetahui kesalahan yang sering terjadi dan mengetahui cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa kesalahan yang perlu dihindari dalam mengelolah stok.

Sistem Gudang yang Tidak Tertata (Berantakan)

Ada perbedaan antara memiliki gudang yang berfungsi dengan yang beroperasi optimal. Namun, manajemen penyimpanan sering terabaikan dalam proses distribusi barang. Pada kesalahan ini sering terlewatkan barcode pada barang, bisa berdampak kerugian waktu dan biaya yang cukup merugikan perusahaan.

Apabila karyawan masih harus terus bolak-balik mencari barang digudang karena tidak baiknya sistem pembarcodean pada lokasi penyimpanan, maka dari itu kerugian yang timbul akan sangat merugikan bisnis perusahaan Anda.

Ber-konsistenlah pada hal yang sederhana, contohnya penyimpanan yang diberikan tanda dengan jelas atau peruntukan area yang dekat dengan area bongkar muat untuk permintaan barang yang tinggi dan harus sering diorder oleh rekan bisnis Anda.

Jarang Melakukan Stok Opname

Bukan hal yang wajar apabila perusahaan menghentikan operasionalnya selama satu hari untuk melakukan pengecekan persediaan atau stok opname. Dikarenakan hal ini berdampak pada kehilangan suatu barang dan berpotensi merugikan perusahaan Anda.

Cara ini sudah ketinggalan zaman dan tidak produktif sama sekali. Lebih baik melakukan pengecekan rutin dengan frekuensi yang lebih sering. Agar tidak perlu menghentikan operasional dan terhindar dari risiko kehilangan.

Memberikan Sistem Manajemen Stok Inventory yang Baru dengan Staff yang belum Terlatih

Stok Inventory merupakan aset yang terpenting dalam sebuah perusahaan, maka setiap bisnis yang diasumsikan memahami pentingnya memastikan staff yang terlatih dengan baik untuk mengelolah suatu gudang/inventory.

Banyak bisnis yang berinvestasi untuk melatih karyawan yang baik. Banyak yang memutuskan untuk menempuh pendekatan otodidak dalam penerapan sistem manajemen inventory.

Jika bisnis Anda sudah menjadi yang terbaik, Anda harus mengelola perusahaan menjadi lebih baik lagi dengan menggunakan U-Channel. U-Channel software aplikasi B2B Ordering yang bisa Anda gunakan untuk mengelola masalah administrasi perusahaan Anda dengan mudah, cepat dan simpel. Selain itu, ada fitur laporan stock secara realtime, tidak memerlukan instalasi, mudah digunakan dengan tampilan e-commerce yang sangat familiar dan banyak fitur yang menguntungkan lainnya. Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, Anda hanya perlu mendaftarkan disini dan untuk berlangganan Anda bisa menikmati beberapa fitur dan kemudahan dari U-Channel. Info lebih lanjut silahkan Anda klik disini atau download aplikasi nya di Google Play Store

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment