5 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Tertular Virus Corona

Virus Corona telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan coronavirus.

Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Hasil gambar untuk virus corona

Beberapa fakta yang terkait penyakit baru ini:

  • Virus 2019-nCoV teridentifikasi pada 7 Januari 2020, sekitar seminggu setelah kasus pertama muncul di kota Wuhan, China.
  • Virus 2019-nCoV termasuk dalam kelompok virus yang sama dengan virs penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS)
  • Belum diketahui pasti asal dan cara penularan virus 2019-nCoV. Namun, virus ini diduga berasal dari hewan dan bisa menular antarmanusia.
  • Beberapa warga Thailand dan Jepang dilaporkan telah terinfeksi virus 2019-nCoV.
  • Belum ditemukan cara atau obat sebagai program penatalaksanaan khusus untuk menangani kondisi ini.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah memperketat jalur masuk RI, seperti bandara dan pelabuhan. Pemerinah mengimbau pihak bandara dan pelabuhan agar melakukan pengecekan suhu tubuh pada setiap penumpang, terutama bagi mereka yang datang dari negara China.

Pada sebagian kasus, bagi manusia yang terinfeksi coronavirus mengalami gejala gagal hati dan gagal ginjal. Meskipun begitu, hingga saat ini, belum ditemuka gejala spesifik yang dapat dijadikan acuan untuk mengidentifikasi penyakit ini.

SARS dan MERS sama-sama merupakan kondisi yang ditandai dengan infeksi serius pada saluran pernapasan. kedua penyakit ini pernah mewabah keseluruh dnia dan menimbulkan ketakutan yang luar biasa.

Meski disebabkan oleh virus dengan golongan yang sama, namun virus 2019-nCoV diperkirakan tidak menyebar dan menyebabkan kematian secepat SARS dan MERS.

Untuk hal ini, setiap orang dianjurkan untuk melakukan upaya pencegahan dan segera memeriksa diri ke dokter jika merasakan gejala-gejala diatas. Bagaimana pun, kondisi seperti ini dapat berakibat fatal bila tidak ditangani secara cepat dan tepat.

Cara Mencegah Virus Corona

WHO menyarankan setiap negara untuk menerapkan larangan wisata dan perdagangan di China. Tidakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona berkembang semakin parah.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk meliputi:

  1. Rutin cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah beraktivitas.
  2. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan pastikan makanan yang dikonsumsi telah dimasak hingga matang sempurna.
  3. Gunakan masker saat beraktivitas, terlebih bila berada diluar ruangan atau fasilitas umum.
  4. Perkuat sistem kekebalan tubuh dan banyak minum air putih, rutin olahraga dan istirahat yang cukup.
  5. Hindari gigitan serangga dan mengoleskan lotion anti serangga atau menggunakan pakaian tertutup.
  6. Batasi kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.
  7. Hindari berpergian ke tempat-tempat yang berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus.
  8. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter.

Sampai dengan saat ini, peneliti masih terus dilakukan untuk mencari tahu sumber, penyebaran dan cara mengobati infeksi virus 2019-nCoV. Untuk sementara, beberapa langkah diatas dapat diterapkan guna menjaga diri dari resiko terinfeksi virus corona ini.

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment