3 Cara untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Dalam kegiatan bisnis, kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting agar dapat menunjang keberhasilan bisnis.

Pada akhirnya, pelanggan menginginkan dua hal dari Anda:

  1. Pelanggan ingin puas dengan produk dan layanan Anda.
  2. Pelanggan ingin merasa dihargai.

Memenuhi kebutuhan pelanggan Anda tampaknya cukup sederhana, bukan? Yang harus Anda lakukan adalah memberi dengan layak atas apa yang mereka bayar, dan mengembangkan hubungan yang ramah dan berdasar kepada pelanggan. Sayangnya, Anda tidak dapat selalu memberikan apa yang mereka inginkan karena manajemen persediaan ataupun manajamen pesanan Anda yang buruk. Atau pelanggan mungkin akhirnya tidak puas dengan apa yang sudah mereka bayar.

Selain itu, Anda tidak akan selalu punya waktu atau sumber daya untuk mengembangkan hubungan dengan masing-masing pelanggan Anda. Namun, Anda jelas harus memenuhi kebutuhan pelanggan cukup sering untuk menjaga reputasi perusahaan Anda agar tetap bagus. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memberikan kepuasan kepada pelanggan dan mempertahankan loyalitasnya:

  1. Kembangkan produk dan layanan baru dengan meminta feedback terhadap pelanggan. Pilih beberapa pelanggan setiap bulan, dan hubungi atau kirim email kepada mereka untuk bertanya tentang bagaimana perasaan mereka tentang pembelian barang Anda. Baca ulasan online perusahaan Anda di situs seperti Yelp. Terima semua kritikannya dan sesuaikan dengan produk yang ingin dipasarkan.

2. Perhatikan dan dengarkan. Terkadang pelanggan tidak akan dapat mengungkapkan secara verbal apa yang mereka inginkan dari perusahaan Anda. Namun, mereka akan dapat mengungkapkan secara verbal hari seperti apa yang mereka alami dan apa yang mereka inginkan secara umum dari Anda. Jika Anda dapat mengetahui bahwa pelanggan sedang mengalami kesulitan keuangan, Anda mungkin tidak ingin mencoba menjual produk atau layanan Anda yang paling mahal. Tetaplah menjual mereka apa yang Anda tahu mereka butuhkan, dan mereka akan lebih senang dengan perusahaan Anda.

3. Berkomunikasi dengan pelanggan Anda jika Anda tidak dapat memberikan apa yang diharapkan. Kesalahan terjadi, dan beberapa pesanan mungkin harus dikirim terlambat. Pastikan Anda memberi tahu pelanggan tentang status pesanan mereka jika ada yang salah. Minta maaf, dan bertanggung jawab penuh bila ada kesalahan dalam memproses pesanan.

Kesalahan dalam memproses pesanan dapat dikurangi dengan penggunaan sistem ordering secara online. Dalam hal ini, platform B2B Ordering U Channel dapat meminimalisir kesalahan dan keterlambatan dalam memproses ordering karena setiap order yang masuk dan dikirim akan dilakukan pengecekan di sisi perusahaan dan juga pelanggan. Selain itu dengan menggunakan U Channel, pelanggan pun akan merasa dihargai dengan adanya fitur konfirmasi pemesanan.

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment